Minggu, 11 Desember 2011

Ujian Final Mahasiswa IAIN 2011/2012



Ayo baca, catat, data, aneka masalah dan agenda musyawarah, anda mahasiswa, kami dan kita semua.

I. Tulis 6 Identitas mahasiswa, ala 5W 1H
1. W= kapan tanggal ujian
2. W= Apa mata kuliahnya
3. W= Dimana alamat Web site dan email dosen
4. W= Siapa nama Mahasiswa dan NIM
5. W= Yang mana unit dan jurusan anda
6. H= Berapa Nom. HP anda, merek dan tipenya.

II.A.Buku paket IAD (buket IAD)
1. Catat kapan tahun terbit
2. tulis apa judul di kulit buku
3. sebutkan dimana kota terbit
4. catat siapa panitia/tim penulis buku
5. lima tulis nama badan, CV, PT, Lembaga penerbit
6. sebutkan berapa harga pasaran jual/beli buku
B. Sebutkan berapa halaman anda mencatat di buku catatan khusus (bucatsus)
C. Ada atau tidak beli/copy buku paketnya, tulis harga Rp. ....

III. Intruksi (perintah) dan informasi (laporan)Pemberian tugas
A. Sebutkan berapa macam tugas Pribadi (Tug Pri)
1. apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir
2.apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir
3.apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir
4.apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir
5.apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir

B. Tuliskan berapa macam tugas Kelompok (Tug Pok)
1. apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir
2.apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir
3.apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir
4.apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir
5.apa ada buat atau tidak, berhasil berapa persen (..... % ) awal mulai s/d batas mutakhir

C. Batas akhir kumpul/setor tugas

D. Batas akhir ujian final (Rabu, 14 Desember 2011)

IV. A. Buat dan pilih soal 1 bab 1 soal dari 10 bab IAD



BAB I

PERKEMBANGAN POLA PIKIR MANUSIA YANG

BERLANDASKAN PADA MITOS

Soal BAB 01, IAD dari 10 BAB

  1. Apa yang disebut dengan mitos?
  2. Cerita yang berdasarkan mitos disebut juga dengan..?
  3. Kapan berpindahnya pola pikir manusia dari mitos ke logos?
  4. Berdasarkan catatan sejarah, Siapakah orang pertama kali menggunakan logos dalam proses berpikirnya?
  5. Sebutkan tiga tahap sejarah perkembangan jiwa manusia baik secara individual maupun keseluruhan menurut Auguste Comte?

BAB II

PERKEMBANGAN POLA PIKIR MANUSIA

DI EROPA DAN DUNIA ISLAM

Soal BAB 02, IAD dari 10 BAB

  1. Siapa saja tokoh yang sangat diperhatikan oleh orang-orang Arab dalam penejemahan buku-buku filsafat dari berbagai aliran?
  2. Kapankah zaman penerjemahan dalam arti yang sebenarnya baru dimulai?
  3. Pada abad ke berapakah ahli ilmu geometri hidup?
  4. Pada bab ke II dalam buku IAD, mengenai apakah dalam makalah yang ke tujuh hingga yang ke sepuluh?
  5. Sebutkan pendapat Copernicus sehingga ilmu Falak mengalami revolusi yang amat dahsyat?

BAB III

KELAHIRAN PENGETAHUAN ALAMIAH MODERN

Soal BAB 03 IAD dari 10 BAB

  1. Faktor apa saja yang menyebabkan kelahiran ilmu alamiah dasar?
  2. Apa saja objek kajian ilmu alamiah dasar dan apa tujuannya?
  3. Semua keahlian ilmu berdasarkan dalam empat pandangan utama, yaitu: Matematika, Fisika, Biologi, dan Ilmu Sosial. Jelaskanlah objek dari masing-msing ilmu tersebut?
  4. Jelaskan pengaruh ilmu pengetahuan alam dalam tekhnologi?
  5. Jelaskan teori relativitas dari Enstein tentang perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya pada ilmu Fisika?

BAB IV

METODE ILMIAH SIKAP ILMIAH DAN LANGKAH-LANGKAH

OPERASIONAL METODE ILMIAH

Soal BAB 04 IAD dari 10 BAB

1. Sebutkan dan jelaskan metode-metode ilmiah?

  1. Bagaimanakah cara menentukan hipotesis?
  2. Bagaimanakah sikap ilmiah dalam mempelajari ilmu pengetahuan, jelaskan?
  3. Sebutkan langkah-langkah operasional metode ilmiah?
  4. Bagaimanakah cara menguji verifikasi dalam mengambil kesimpulan?

BAB V

KELAHIRAN ALAM SEMESTA DITINJAU DARI SUDUT

ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MODERN

Soal BAB 05 IAD dari 10 BAB

  1. Apakah yang menyebakan menunggalnya alam dan cosmos?
  2. Sebutkan dan jelaskan unsure-unsur terkecil dari atom?
  3. Negara mana dan tahun berapa secara resmi telah mempergunakan metode untuk mengenali seseorang dengan perantaraan sidik jari?
  4. Sebutkan dan jelaskan pembagian janji?
  5. Sebutkan perbedaan Akidah Islam, Akidah Yunani dan Akidah Yahudi?

BAB VI

BIOLOGI DAN PERKEMBANGANNYA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN

MODERN MAUPUN ISLAM

Soal BAB 06 IAD dari 10 BAB

1. Sebutkan pendapat berupa hipotesis ataupun teori yang mengungkapkan asal mula kehidupan dibumi?

2. Apakah pembuktian yang dibuat oleh Francisco Redi ahli biologi bangsa Italia tersebut?

3. Sebelum abad ke 17 orang menganggap bahwa makhluk hidup itu terbentuk secara spontan atau terbentuk dengan sendirirnya, tolong sebutkan contohnya?

4. Sebutkan apakah yang dikemukakan oleh Harold Uray (1893 M seorang ahli kimia dari Amerika Serikat)?

5. Apakah maksud avertebrata dalam dunia hewan?

BAB VII

FISIKA DAN PERKEMBANGANNYA DITINJAU DARI

ILMU PENGETAHUAN MODERN MAUPUN ISLAM

Soal BAB 07 IAD dari 10 BAB

1. Bagaimanakah perkembangan ilmu pengetahuan modern pada tahun sebelum masehi?

2. Jelaskan sifat khas dari ilmu alam?

3. Apa yang dimaksud dengan ilmu optic, jelaskan?

4. Apa yang dimaksud dengan ilmu mekanik?

5. Apa yang dimaksud dengan unsure essensia?

BAB VIII

TEKNOLOGI MODERN, MASALAH LINGKUNGAN HIDUP DAN UPAYA MENGATASINYA

Soal BAB 08 IAD dari 10 BAB

1. Siapa orang pertama dan tahun berapa system periodic unsure?

2. Apa yang dimaksud dengan ilmu penngetahuan alam yang bersifat dinamis?

3. Adanya Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru, antara lain???

4. Apa dampak terhadap pendayagunaan terhadap sumber daya alam?

5. Apa yang dimaksud dengan perubahan alam yang tak estetis?

BAB IX

KIMIA DAN PERKEMBANGANNYA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN MODERN MAUPUN ISLAM

Soal BAB 09, IAD dari 10 BAB

1. Apa perbedaan ilmu kimia dengan ilmu alam?

2. Apa yang dimaksud dengan:

a. Algebra

b. chipher

3. siapakah penemu angka nol?

4. Bagaimanakah perkembangan ilmu kimia ditinjau dari sudut pandang islam?

5. Jelaskan teori dari Roger Bacon?

BAB X

PERANAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI DALAM

MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA

Soal BAB 10, IAD dari 10 BAB

1. Sebutkan beberapa Negara yang termasuk kedalam power sciece?

2. Apa-apa saja yang ditemukan oleh Jabir Ibnu Hayan?

3. Sebutkan apa saja manfaat nuklir?

4. Sebutkan prinsip mesin bakar?

5. Apa pengaruh dari radiasi terhadap makhluk hidup?


V. Bagaimana cara belajar dan praktek serta penilaian IAD

beberapa cara penilaian antara lain:

1. Ada jawab ujian lisan/bicara/dialog/wawancara

2. Ada ujian tugas/ praktek

3. Ada ujian cek /periksa catatan bucatsus per pekan

4. Ujian jawab tulisan final

VI. A. Berapa SKS IAD= 2 SKS= lebih kurang 16 tatap muka (TM) 1 jam 90 menit

Sebutkan berapa kali hadir/ TM 90 menit

B. Nilai bonus ...........................

C. Nilai denda

D. Catat/tulis nomor urut rangking dari jumlah unit anda dari mahasiswa yang rajin s/d yang malas

E. Diluar batas ketentuan tanggal yang telah ditetapkan, dliuar tanggung jawab Dosen penilai (tidak dilayani lagi), apapun resikonya menjadi tanggung jawab anda mahasiswa sendiri.



2 komentar:

  1. 1 . Apa yang di maksud dengan Civic Education?
    2 . Apa saja unsur-unsur pembentuk Identitas Nasional?
    3 . Apa yang dimaksud dengan Negara?
    4 . Apa tujuan konstitusi?
    5 . Apa yang dimaksud dengan Demokrasi?
    6 . Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
    7 . Sebutkan bentuk-bentuk HAM?
    8.Bagaimana karakteristik masyarakat madani?
    9 . Apa yang dimaksud dengan Undang-undang?

    BalasHapus
  2. TUGAS MITEM MATA KULIAH PKN
    BIODATA MAHASIAWA
    Tgl/hari Ujian : Kamis 29 November 2012
    Mata kuliah : PKN/3SKS
    Nama : TEUKU HERMILAN
    Unit/jurusan : 2/APK
    Nama/NIM : TEUKU HERMILAN/531202886
    No.hp : 085262148654
    TTL : Cot Seumeureng 04 April 1993
    Alamat : Jl.lingkar kampus IAIN. Banda Aceh
    Email : teukuhermi@gmail.com
    Blogspot : www.hermilan.blogspot.com
    Twitter : @hermy_fy
    Facebook : Hermy outsiders
    Skype : Hermi.outsiders
    PERTANYAAN PKN
    1 . Apa yang di maksud dengan Civic Education?
    2 . Apa saja unsur-unsur pembentuk Identitas Nasional?
    3 . Apa tujuan suatu negara Negara?
    4 . Apa tujuan konstitusi?
    5 . Apa saja Norma-norma yang menjadi pandangan hidup Demokratis?
    6 . Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
    7 . Sebutkan bentuk-bentuk HAM?
    8. Bagaimana karakteristik masyarakat madani?
    9 . Apa yang dimaksud dengan HAM?
    JAWABAN
    1 . Civic Education adalah pendidikan yang cakupannya lebih luas dari pendidikan demokrasi dan pendidikan HAM karena mencakup kajian dan pembahasan tentang pemerintahan, konstitusi, lembaga-lembaga demokrasi, rule of law, hak dan kewajiban warganegara, proses demokrasi, partisipasi aktif dan keterlibatan warganegara dalam masyarakat madani, pengetahuan tentang lembaga-lembaga dan sistem yang terdapat dalam pemerintahan, warisan politik, administrasi publik dan sistem hukum, pengetahuan tentang proses seperti kewarganegaraan aktif, refleksi kritis, penyelidikan dan kerjasama, keadilan sosial, pengertian antarbudaya dan kelestarian lingkungan hidup dan hak asasi manusia.

    2. unsur-unsur pembentuk Identitas Nasional antara lain :
    • Suku bangsa
    • Agama
    • Budaya
    • Bahasa

    3 . Tujuan suatu Negara adalah menyenggelarakan ketertiban hukum dengan berdasarkan dan berpedoman pada hukum.
    4 . Tujuan adanya konsitusi adalah :
    • Memberikan pembatasan sekaligus pengawasan terhadap kekuasaan politik
    • Melepaskan control kekuasaan dari penguasa sendiri
    • Memberikan batasan-batasan ketetapan bagai para penguasa dalam menjalankan kekuasaan-nya
    • 5 . Norma-norma yang menjadi pandangan hidup Demokratis antara lain :
    • Pentingnya kesadaran akan pluralisme
    • Musyawarah
    • Pertimbangan moral
    • Permufakatan yang jujur dan sehat
    • Pemenuhan segi-segi ekonomi
    • Kerja sama antar warga masyarakat dan sikap mempercayai I’tikat baik masing-masing
    • Pandangan hidup demokratis harus di jadikan unsure yang menyatu dengan sistem pendidikan

    6 . Otonomi Daerah adalah kemandirian suatu daerah dalam kaitan pembatasan dan pengambilan keputusan mengenai kepentingan daerahnya sendiri.

    7 . Bentuk-bentuk HAM antara lain :
    • Hak sipil
    • Hak Politik
    • Hak ekonomi
    • Hak sosial budaya

    8 . Karakteristik masyarakat madani antara lain :
    • Free Public sphere(adanya ruang public yang bebas sebagai sarana dalam mengemukakan pendapat)
    • Demmokratis
    • Toleran
    • Pluralisme
    • Keadilan sosial(sosial justice)
    9 . Ham adalah hak yang melekat pada diri manusiayang bersifat kodrasidan fundamentalsebagai suatu anugrah ALLAH yang harus di hormati,di jaga dan dilindungi oleh setiap individu,masyarakat atau negara


    BalasHapus